Selayang Pandang


Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon bertujuan mencetak lulusan yang profesional dan kompeten dalam mengelola lembaga pendidikan Islam berbasis nilai-nilai keislaman. Kurikulum mengintegrasikan teori manajemen pendidikan dan perspektif Islam, guna mendukung pendidikan yang berkualitas serta berorientasi pada kemajuan umat. Program ini didirikan pada 15 Mei 2012 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor Dj.I/612/2009. Sebelumnya, MPI merupakan salah satu konsentrasi dalam Program Studi Pendidikan Islam di Pascasarjana STAIN Cirebon sejak tahun akademik 2005/2006. Transformasi kelembagaan menjadi UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon pada 21 Mei 2024 memperkuat komitmen program ini dalam pengembangan pendidikan Islam yang unggul dan relevan secara global.Didukung tenaga pengajar berkompeten dan fasilitas memadai, mahasiswa MPI dibekali kemampuan manajerial, analitis, dan kepemimpinan. Lulusan diharapkan mampu menjadi manajer, peneliti, dan konsultan yang profesional di bidang manajemen pendidikan Islam serta mampu menjawab tantangan dunia pendidikan masa kini.

Kurikulum program studi MPI dirancang untuk menghadirkan pemimpin pendidikan yang adaptif terhadap perubahan zaman. Mahasiswa akan mempelajari manajemen strategis, pengelolaan sumber daya manusia, pengembangan kurikulum, supervisi pendidikan dan sebagainya dengan perspektif Islami.



UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon berkomitmen untuk menjawab tantangan pendidikan tinggi keagamaan negeri (PTKN) dan kebutuhan masyarakat di era digital. Program studi MPI mendukung inisiatif ini dengan mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan pengelolaan pendidikan. Sebagai bagian dari transformasi digital, UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon telah mengembangkan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk jenjang S1 dan S2, termasuk Program Studi PJJ PAI. Program ini dirancang untuk memudahkan akses pendidikan bagi masyarakat luas, termasuk bagi mereka yang berada di luar wilayah Cirebon.


Kompeten dalam Manajemen Pendidikan Islam
Lulusan mampu merancang, mengelola, dan mengevaluasi lembaga pendidikan Islam secara profesional, efektif, dan berlandaskan nilai-nilai keislaman.
Ahli dalam Manajemen Pendidikan Tinggi Islam
Lulusan menguasai konsep dan praktik manajemen pendidikan tinggi Islam serta mampu menerapkannya secara berkelanjutan di berbagai institusi pendidikan tinggi.
Kemampuan Riset dan Inovasi
Lulusan mampu melakukan penelitian yang berkualitas di bidang manajemen pendidikan Islam serta mengembangkan inovasi yang relevan untuk kemajuan lembaga pendidikan.
Pemimpin Beretika dan Visioner
Lulusan memiliki kemampuan kepemimpinan strategis, berpikir kritis, serta menjunjung tinggi etika dan nilai-nilai Islam dalam memecahkan masalah pendidikan.